Sabtu, 23 Oktober 2010

THOMAS ALVA EDISON


Thomas Alva Edison pernah dijuluki sebagai raja penemu karena begitu banyak penemuannya. Tapi yang paling terkenal adalah penemuan lampu pijar, tahun 1879.
Thomas lahir pada tanggal 11 februari tahun 1847 di kota Milan,Ohio, Amerika. Masa kecilnya hanya mengenyam bangku sekolah selama 3 bulan dan segera dikeluarkan dengan alasan terlalu idiot. Karena itu, ibunya  mengajarkan sendiri dirumah. Kebetulan profesi ibunya adalah guru. Menjelang remaja, Edison mulai berpindah-pindah tempat.
Edison pernah berkata : “ Bakat adalah 1 % ide ditambah 99% kerja keras.” Seumur hidup Edison bekerja keras dan ulet. Konon ia bekerja 18-20 jam sehari. Diantara barang yang ditemukannya adalah mesin telegraf perekam , mesin telegraf huruf otomatis , telepon , aki , kabel , film , piringan hitam tabung , dan lain sebagainya. Dia juga menemukan sistem pengorganisasian laboratorium sebagai industri, yang akhirnya tahun 1890 melahirkan perusahaan General Electric Company. Sejarah mencatat, Thomas Alva Edison penemu terbesar di dunia dengan lebih dari 3000 penemuan. Dia juga pernah menemukan 400 macam penemuan dalam waktu 13 bulan.
Tetapi, melewatitahun 1920-an kesehatannya kian memburuk dan akhirnya meninggal duniapada tanggal 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahun.
Untuk menghormatinya sebagai penemu lampu pijar,seluruh Amerika memadamkan lampu pada pukul 22.00 tepat pada tanggal 21 Oktober 1931.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar