Sabtu, 23 Oktober 2010

Jakarta "Macet Total"

Kemacetan sudah pasti kita temukan setiap harinya, terlebih setelah liburan panjang selesai deretan mobil dan motor berjajar untuk saling mendahului agar segera sampai tujuan.

Situasi ini akan semakin parah manakala hujan mendera. Genangan air dan banjir memaksa pengguna jalan memperlambat laju kendaraannya atau bahkan berhenti di tengah jalan.
Kemacetan tak hanya terjadi di pagi atau sore hari disaat para pekerja berangkat dan pulang dari tempatnya beraktivitas. Di siang hari, kemacetan pun terjadi di mana-mana.
Ketua Komisi Organisasi Dewan Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Ririn Sefsani memprediksi lalu lintas Jakarta akan lumpuh pada 2011 apabila tidak ada penanganan khusus dari pemerintah.
Pasalnya setiap hari di Jakarta saja ada penambahan 1.172 kendaraan baru. Jumlah ini belum termasuk kendaraan dari daerah Depok, Bekasi, dan Tangerang, yang setiap hari lalu lalang di Ibukota. Di sisi lain, lebar dan panjang jalan di ibukota relatif stagnan.
Sekadar memberi gambaran, Jakarta memiliki panjang jalan 7.650 km, dengan luas jalan 40,1 km2 (6,2 persen dari luas wilayah DKI Jakarta). Setiap tahunnya, pertumbuhan panjang jalan hanya ±0,01%. Ini tak sebanding dengan pertambahan kendaraan -khusus Jakarta- 1.172 per hari. Pantas, kalau Jakarta kerap dilanda macet.
Dari tahun ke tahun, penyelesaian persoalan kemacetan di Jakarta hanya dilakukan secara tambal sulam. Sehingga permasalahan ini tidak kunjung usai dan cenderung semakin parah.
Pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna, menyatakan kemacetan tidak akan terselesaikan sampai kiamat datang. Pasalnya, belum ada kesadaran dari Pemda DKI untuk mengelola masalah ini secara serius.
Untuk mengatasi problem macet di Jakarta, banyak strategi dilemparkan.
Lalu apa sajakah strategi untuk mengatasi macet Jakarta, ini dia: 
1. Percepatan pemberlakuan electronic road pricing (ERP)
2. Sterilisasi jalur Busway
3. Pemprov DKI Jakarta mereview perda parkir.
4. Biaya perbaikan jalan yang bersifat multy-years contract
5. Menambah 2 jalur Busway menjadi 10 jalur tahun ini dan 2 jalur tambahan tahun depan.
6. Sinkronisasi harga gas untuk transportasi dan pembenahan stasiun pengisian.
7. Revitalisasi restrukturusasi bus kecil yang banyak namun tidak efisien. Pemerintah mengupayakan mereka beralih menjadi bus besar yang kapasitas angkutnya lebih banyak.
8. Kereta Api dioptimalkan ada re-routing dan peningkatan pelayanan dan tambahan gerbong di rute yang padat sehigga bisa mengangkut 3 juta orang per hari.
9. Polisi menertibkan angkutan liar.
10. MRT Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia dimulai konstruksinya tahun 2011, melanjutkan pembangunan monorail dan percepatan pembangunan jalur kereta api Manggarai-Cengkareng.
11. Membentuk otoritas transportasi Jabodetabek
12.Merevisi rencana induk transportasi terpadu di Jabodetabek
13. Proyek double track ke Cikarang akan ditambah.
14. Mempercepat pembangunan proyek pembangunan jalur kereta lingkar dalam yang akan diintegrasikan dengan sistem transportasi Jakarta.
15. Membangun 6 jalan tol layang tambahan.
16. Pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan mengatasi penambahan jumlah kendaraan dengan mengatur penggunaan kendaraan.
17. Menyediakan lahan park and ride di dekat stasiun kereta api untuk  mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan masyarakat beralih ke kereta api

Tidak ada komentar:

Posting Komentar