Jumat, 29 Oktober 2010

Cara Menghadapi Era Globalisasi

Bagaimana menghadapi era globalisasi ?

Seperti kita semua tahu, saat ini dunia kita berada di era globalisasi. Kita sering mendengarnya. Globalisasi adalah proses transformasi fenomena lokal atau regional menjadi fenomena global atau internasional. Proses ini merupakan kombinasi dari kekuatan ekonomi, teknologi, sosial budaya dan politik. Dengan kata lain, setiap negara di dunia ini dapat mempengaruhi negara-negara lain.


Karena globalisasi, dunia ini yang terdiri dari banyak negara adalah seperti "global desa ". Istilah ini mengacu pada fakta bahwa orang-orang yang dianggap tinggal di planet ini tanpa batas, tanpa batasan. Orang-orang dapat mengakses segala jenis informasi yang mudah. Tidak ada kesulitan untuk berkomunikasi, tidak ada hambatan untuk berinteraksi dengan orang lain dari seluruh dunia.


Globalisasi memiliki berbagai aspek yang mempengaruhi dunia, seperti: dalam industri, keuangan,ekonomi, politik, teknologi, dan sosial budaya. Jika negara kita ingin dapat bertahan hidup di era globalisasi, kita harus menjadi orang pintar. Kita harus mengambil semua efek positif dari globalisasi dan kita tidak harus mengambil efek negatif. Sebagai contoh: kita perlu toadopt dan belajar teknologi tinggi dari negara maju untuk mengembangkan negara kita. 

Sebaliknya, kita tidak boleh meniru sikap buruk atau perilaku dari negara lain seperti penyalahgunaan narkoba. Ini adalah fakta bahwa ada banyak tantangan di era globalisasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi adalah berkaitan dengan persaingan dan kemampuan untuk bertahan hidup. Pertanyaannya adalah: Apa yang harus kita lakukan dalam rangka menghadapi era globalisasi?


Yang pertama adalah, membangun dan memperkuat karakter yang baik berdasarkan agama. Jika kita adalah muslim, panduan hidup kita adalah Islam. Kedua, kita harus menguasai teknologi di rangka untuk mengembangkan negara kita. Yang terakhir, selalu siap menghadapi segala jenis perubahan dan persaingan dengan mempersiapkan dan meningkatkan keterampilan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar