Sabtu, 20 November 2010

Alfabet Dari Seluruh Dunia

Alfabet digunakan dalam kegiatan membaca dan menulis. Alfabet yang digunakan dalam tulisan ini adalah abjad latin. Tapi,apakah kamu tahu bahwa ada banyak jenis alfabet? Berikut ini adalah beberapa alfabet tersebut!



1. YUNANI

Abjad yunani telah dikenal sejak tahun 800 SM. Abjad ini terdiri dari 17 huruf mati dan 7 huruf hidup. Jumlahnya 24 simbol. Asal mulanya,abjad terdebut ditulis dari kanan ke kiri . Sekitar 400 SM,diubah menjadi kiri ke kanan. Sekarang ini,huruf-hurufnya masih digunakan sebagai simbol matematika,sains dan bidang lainnya.





2. ARAB

Tulisan Arab ditulis dari kanan ke kiri,dengan gaya tulis tangan. Abjad Arab memiliki 28 huruf dasar. Abjad ini merupakan abjad ke 2 paling banyak digunakan di seluruh dunia. Abjad Arab pertama kali digunakan untuk menulis bahasa Arab, yang paling terpenting adalah Al-Qur'an, kitab suci umat Islam.






3. KOREA

Abjad Korea atau Hangul pertama kali digunakan pada pertengahan abad ke-15. Hangul digunakan di Korea Utara maupun Selatan. Abjad ini memiliki 14 huruf mati dan 10 huruf hidup. Tulisan Korea dapat ditulis secara horisontal dan juga secara vertikal.





4. DEVANAGARI

Sanskrit, sebuah bahasa kuno yang digunakan di India besar,mengunakan alfabet bernama Devanagari. Abjad ini digunakan dalam puisi dan drama, serta dalam teks sains, teknis, filosofi, dan keragaman Hindu. Alfabet ini berbeda karena menggunakan garis mendatar yang melewati bagian atas huruf-huruf. Garis ini menggabungkan huruf-hurufnya.











5. RUSIA

Abjad Rusia modern terdiri dari 33 huruf. Tulisan paling awal yang diketahui dari abad ke-10. Terkadang, lebih mudah untuk menggunakan alfabet Rusia dengan cara tulis tangan. Dalam huruf blok, alfabet ini sulit untuk ditulis. Dengan tulis tangan,banyak huruf-hurufnya yang mirip dengan huruf-huruf dalam alfabet latin.





6. ABJAD-ABJAD DARI INDONESIA

Salah satu alfabet yang berasal dari Indonesia adalah Aksara Jawa. Ada 20 konsonan dalam alfabet tersebut, dan juga dikenal sebagai tjarakan atau carakan. Alfabet ini dibentuk pada abad ke-17. Ia digunakan dengan bahasa jawa, yang banyak digunakan di Pulau Jawa. sekarang ini, carakan digunakan hanya oleh cendekiawan dan untuk hiasan.





sumber : Majalah CnS Junior

3 komentar:

  1. Tulisanmu ini sangat kusuka, Reza, tulisan seorang pelajar SMP yang amat berbakat, hanya kalau boleh kukritik, adalah transliterasimu bagi (2) Bahasa Arab. Agar tidak menimbulkan kesalahan ucapan, dan agar kekeliruan tidak dipedomani oleh orang banyak, maka perlulah diperbaiki sebagai berikut:
    huruf keempat = ts
    huruf kesembilan = dz
    huruf ketiga belas = sy
    huruf keempat belas = sh
    huruf kelima belas = dh
    huruf keenam belas = th
    huruf ketujuh belas = zh
    huruf kedelapan belas = ` (bukan ')
    huruf kesembilan belas = gh
    Demikianlah sekedar kritik dan masukan agar bermanfaat buat semua. Atas tanggapanmu kuucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  2. Kalau ada Sastra di Bidang Russia boleh di share ya (format pdf atau lainnya) Terima kasih.

    BalasHapus